Pantai Sinden, Hidden Paradise Gunung Kidul – Yogyakarta

pantai_sinden_yogyakarta

Hai sobat melanesia, kali ini kami team melanesia akan membagikan pengalaman yang sangat menyenangkan mengunjungi salah satu destinasi wisata di gunung kidul, yogyakarta, yaitu pantai sinden. Di yogyakarta sendiri banyak sekali pilihan tempat wisata menarik yang bisa teman – teman semua kunjungi. Baik itu di sleman, bantul, kulonprogo, atau bahkan gunung kidul. Nah untuk kesempatan kali ini saya akan bercerita pengalaman kami team melanesia mengunjungi salah satu pantai di daerah gunung kidul yaitu pantai sinden. Pantai ini sangatlah unik, kenapa bisa unik ? yuk simak terus ya!

Pantai sinden sendiri letaknya ada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Untuk aksesnya sendiri memang sedikit jauh dari pusat kota yogyakarta, kalian harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam menuju pantai jungwok. Untuk kondisi jalan sendiri sudah cukup baik dan aman untuk dilalui kendaraan pribadi maupun umum karena hampir 95% sudah beraspal namun berliuk – liuk karena memang kontur dari daerah gunung kidul adalah perbukitan. Nah sekarang membicarakan 5% dari kondisi jalan, untuk akses masuk ke lokasi parkir yakni di pantai jungwok belum bisa disebut layak karena masih berbatu dan bersemen namun ada beberapa spot yang rusak. Jadi lebih baik teman – teman check kondisi kesehatan dari kendaraan kalian sebelum mengunjungi pantai ini, pastikan siap untuk melewati kondisi jalan yang super menarik. Untuk tiket masuk retribusi tergolong murah hanya Rp. 5000 / orang sudah termasuk 3 pantai didalamnya yaitu pantai wediombo, pantai jungwok dan pantai greweng.

Pengalaman menuju pantai sinden menurut saya sangatlah berkesan. Setelah memarkirkan kendaraan kami di pantai jungwok, dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 25 menit melewati persawahan, hutan dan naik turun perbukitan. Aksesnya tidak mudah jadi saran saya ketika berkesempatan mengunjungi pantai sinden ini lebih baik mengenakan sepatu karena kondisi jalan yang bertanah merah dan berbatu tajam. Dan yang pasti membawa bekal air minum maupun snack karena belum terdapat warung – warung kecil yang menjual makan dan sebagainya.

Pantai sinden ini bisa dibilang hidden paradise karena memang tempatnya yang tersembunyi dan belum banyak orang mengetahui keindahanya. Selain itu, di tempat ini terdapat tebing tinggi berbatasan langsung dengan laut lepas pantai selatan yang terkenal dengan ombaknya yang besar. Dengan pemandangan gradasi hijau dari rerumputan khas pantai dan birunya langit sangatlah indah untuk menjadi spot foto. Hembusan angin pantai selatan yang sejuk membuat kami tidak ingin hengkang dari tempat yang luar biasa indah ini. Deburan ombak yang keras, menghantam tebing – tebing dan bebatuan yang menghiasi pinggiran pantai menambah pesona dari pantai sinden ini. Tak jarang juga ada warga sekitar yang memancing, karena banyak ikan – ikan besar disini.

Itu dia gaes pengalaman dari team melanesia mengunjungi pantai sinden di gunung kidul. Bilamana teman- teman sedang berada di jogja pantai ini mungkin bisa menjadi salah satu pantai yang wajib dikunjungi. Walaupun membutuhkan sedikit usaha untuk menuju tempat ini, namun sangatlah sebanding dengan pemandangan yang akan kita dapatkan, yaitu keindahan yang tidak dapat dijumpai di tempat lain. Semoga kedepannya potensi wisata di gunungkidul semakin maju, sehingga dapat menarik lebih banyak wisatawan untuk datang dan memajukan segi ekonomi untuk daerah ini. Yuk sobat kita bantu memajukan wisata di indonesia !

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *